Tips Jalanin Masa Sulit Kuliah Sambil Kerja

 

Hi reader,

Menjadi hal yang lumrah bila mahasiswa generasi sekarang memiliki penghasilan tambahan melalui pekerjaan paruh waktu atau bahkan mungkin bekerja dalam waktu penuh sambil berkuliah. Sistem perkuliahan di sebagian kampus mendukung tren ini dengan membuka kelas khusus bagi para pekerja penuh waktu.

Namun,mahasiswa seringkali harus memilih antara fokus kuliah atau fokus pada pekerjaannya. Padahal, keduanya sama-sama penting.

Lantas, bagaimana caranya bertahan kuliah sambil bekerja paruh waktu maupun waktu penuh? 

Berikut 7 tips jitu agar bisa survive kuliah sambil bekerja:

1. Atur Jadwal

Mahasiswa perlu mengatur jadwal dengan cermat. Buatlah jadwal harian yang rinci, mulai dari jadwal kuliah, kerja, waktu luang, hingga waktu istirahat. Usahakan ada setidaknya 5-6 jam waktu luang tiap harinya agar bisa digunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas.

2. Waktu Produktif

Manfaatkan waktu secara produktif. Jangan buang waktu luang dengan hal-hal tidak penting seperti browsing media sosial berjam-jam. Sebaliknya, manfaatkan waktu luang secara produktif untuk belajar atau mengerjakan tugas.

3. Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi dan belajar di pagi hari. Otak masih segar di pagi hari sehingga lebih mudah menyerap materi pelajaran. Manfaatkan waktu pagi sebelum kuliah atau bekerja untuk belajar atau mengerjakan tugas.

4. Rajin Mencatat Materi Kuliah

Rajin mencatat saat kuliah. Karena waktu luang terbatas, hindari belajar ulang materi kuliah dari awal. Mencatat saat kuliah akan membuat kita lebih siap saat ujian.

5. Komunikasi dengan Dosen

Bangun komunikasi aktif dengan dosen. Jangan ragu bertanya pada dosen jika ada yang tidak dipahami. Diskusi dengan dosen juga memperdalam pemahaman terhadap suatu materi.

6. Cari Teman Belajar

Belajar kelompok bisa sangat membantu kita memahami materi yang sulit. Teman belajar juga bisa saling mengingatkan jika ada tugas atau ujian mendadak.

7. Jaga Pola Hidup Sehat

Cuci muka setiap bangun tidur, olahraga ringan, dan makan makanan bergizi. Hal ini penting agar tubuh bugar dan pikiran tetap fokus.

Dengan menerapkan ketujuh tips di atas, mahasiswa yang memiliki aktivitas bekerja sekalipun pasti mampu survive kuliah dengan baik. Yang penting, disiplin mengatur waktu dan tetap fokus pada prioritas utama yaitu studi

Semangat !!!!

Selamat membaca jika ada yang ingin di tanyakan bisa komen di kolom komentar di bawah ini.
FOLLOW AND SHARE
https://www.instagram.com/allinhere18/
INSTAGRAM




TWITTER

Terima kasih telah membaca sampai habis dan jika ada salah kata saya minta maaf karena salah dalam mengetik.

-Terima kasih-

Comments

Popular posts from this blog

LINK MENDOWNLOAD VIDEO DARI YOUTUBE//PERMANENT//SEUMUR HIDUP BISA LIHAT

TIDAK BISA MAIN GAME HAGO DI IOS, coba cara ini!!!

Cara bermain MONOPOLI - tanpa basah basih dan penjelasan mudah |•| versi allinhere8